Berita

Workshop Peningkatan Kompetensi Guru SD Islam Kota Blitar

Pada tanggal 19 Maret 2022, SD Islam Kota Blitar mengadakan workshop peningkatan kompetensi guru. Kegiatan workshop dilakukan sebanyak 2 sesi. Pada sesi pertama materi disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd, beliau merupakan Guru Besar Universitas Negeri Malang, dan dimoderatori oleh Bapak Masdarul, M.Pd. Bapak Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd menjelaskan bahwa pembelajaran pada abad 21 menggunakan pendekatan HOTS dan pembelajarannya berbasis TPACK. Tidak hanya menjelaskan mengenai pembelajaran, Bapak Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd juga menjelaskan mengenai keterampilan yang harus dimiliki murid pada abad 21, antara lain : (1) berpikir kritis; (2) kreativitas dan inovasi; (3) pemahamaan lintas budaya; (4) komunikasi, literasi informasi dan media; (5) komputer dan literasi TIK; (6) karir dan kehidupan.


Diskusi kemudian berlanjut mengenai kurikulum prototype. Kurikulum prototype adalah bagian dari upaya sistem untuk mengatasi krisis belajar. Kurikulum prototype merupakan kurikulum berbasis kompetensi untuk mendukung pemulihan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk mendukung pengembangan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh Bapak Trimo, S.Pd, M.Pd, beliau merupakan pengawas SD Islam Kota Blitar, dan dimoderatori oleh Ibu Siti Nuruh Hidayah, S.Pd. Bapak Trimo, S.Pd, M.Pd menjelaskan saat ini ada 3 kurikulum yang digunakan, yakni: K13, kurikulum darurat dan merdeka. Kurikulum merdeka sendiri juga dibagi menjadi 3, antara lain: (1) mandiri belajar; (2) mandiri berubah; (3) mandiri berbagi. Setelah menyampaikan mengenai kurikulum, Bapak Trimo, S.Pd, M.Pd menyampaikan mengenai RKT, RKJM dan RKAS. Tujuan dari penyusunan RKS/M adalah:
1. Menjamin agar tujuan sasaran sekolah dapat tercapai
2. Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah
3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi
4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan
5. Mengoptimalkan partisipasi warga
6. Menjamin Penggunaan sumber daya yang ekonomis, efisien, efektif dan berkelanjutan.





Bazar Djadoel

Pada tanggal 1 April 2022, SD Islam Kota Blitar mengadakan kegiatan Bazar Djadoel. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Blitar ke-116. Bazar Djadoel diikuti oleh seluruh siswa-siswi serta wali murid. Setiap perwakilan kelas membuat stand dan menjajakan aneka makanan tradisional. Siswa-siswa serta para guru juga mengenakan pakaian jadoel untuk memeriahkan acara.

PPDB 2022

SD Islam Kota Blitar pada hari Selasa dan Rabu (8-9 Februari 2022) menyelenggarakan seleksi penerimaan peserta didik baru. SDI sebelumnya telah melakukan promosi mengenai ppdb di bulan Januari. Seleksi dilakukan 2 hari mengingat jumlah peserta yang cukup banyak. Total ada 135 anak yang mendaftar dalam PPDB tahun ini. Ada 4 tes yang dilalui oleh peserta, yakni tes mengaji, tes, baca tulis, psikotes dan berhitung. Selain itu juga dilakukan wawancara kepada calon walimurid. Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan secara serentak pada tanggal 16 Februari 2022.