Aksi Peduli Palestina: Siswa SD Islam Kota Blitar Gelar Salat Gaib dan Galang Dana

Pada momen Hari Pahlawan, Jumat (10/11/2023), ratusan siswa SD Islam Kota Blitar menggelar Aksi Peduli Palestina sebagai ungkapan kepedulian terhadap tragedi kemanusiaan di Palestina.

Upacara dimulai dengan salat gaib dan penggalangan dana untuk mendukung warga Palestina yang tengah menghadapi situasi sulit. Peristiwa ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan yang diinisiasi oleh siswa SD Islam Kota Blitar sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap kondisi di Palestina.

Hari Pahlawan di SD Islam Kota Blitar diawali dengan upacara di halaman sekolah. Siswa kemudian melakukan orasi dan mengumpulkan dana, berhasil menghimpun dana sebesar Rp 10,7 juta yang akan disalurkan langsung kepada warga Palestina.

Setelah orasi dan penggalangan dana, para siswa melanjutkan dengan longmarch dari sekolah menuju Masjid Agung Kota Blitar. Sambil membawa poster bertuliskan ‘Free Palestina’ dan membawa bendera merah putih serta bendera Palestina, mereka menunjukkan solidaritas dan dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Di Masjid Agung Kota Blitar, ratusan siswa menggelar salat gaib untuk mendoakan warga Palestina. Kepala SD Islam Kota Blitar, Lumatus Sanayah, menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya merupakan wujud syukur atas kemerdekaan Indonesia, tetapi juga sebagai ekspresi kepedulian terhadap anak-anak seumur mereka yang tidak dapat merasakan kemerdekaan untuk belajar dan bermain akibat konflik di Palestina.

“Aksi Peduli Palestina ini sebagai bentuk rasa kepedulian sesama manusia dan sesama usia anak-anak yang belum merasakan kemerdekaan. Kami juga mengadakan salat gaib mendoakan mereka yang sudah meninggal. Semoga dengan kekuatan maha dahsyat ini, negara Palestina bisa merdeka,” ujar Lumatus.

Keberhasilan aksi sosial ini tidak hanya tercermin dari jumlah donasi yang mencapai Rp 10.755.000, tetapi juga dari partisipasi 650 siswa dan guru pendidik SD Islam Kota Blitar. Aksi peduli Palestina ini tidak hanya mencerminkan semangat patriotisme di Hari Pahlawan, tetapi juga menunjukkan kepedulian dan solidaritas generasi muda terhadap saudara sebangsa di Palestina yang mengalami kesulitan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *