Profil Sekolah

Tidak ada pemberian bekal yang lebih baik dari orang tua kepada anaknya kecuali pemberian bekal iman, ilmu dan akhlak mulia. Sekolah Dasar Islam (SDI) Kota Blitar sebagai lembaga pendidikan Islam swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Lembaga Ma’arif NU Kota Blitar, berdiri pada tanggal 1 Agustus 2000 merupakan mitra orang tua dalam mendidik anak-anaknya agar menjadi generasi yang unggul dalam prestasi akademis, serta unggul dalam sosial dan religius.

Sekolah ini dirancang dengan memprioritaskan keunggulan kedisiplinan, mengutamakan kebebasan dalam mengembangkan intelektual, mendorong tumbuhnya kreatifitas anak secara optimal dan melatih anak dalam berinteraksi sosial serta pembiasaan beribadah secara praktis. Di dalam penyampaian materi pelajaran juga selalu dikaitkan dengan dampak pengiring (dunia nyata) agar anak memiliki kemantapan dan percaya diri dalam mengembangkan keilmuan.

Dalam menjalankan programnya SD Islam Kota Blitar menerapkan sistem Full Day School serta menerapkan model “integrated actitity” dan “integrated curriculum” artinya hampir seluruh aktifitas anak ada di sekolah, mulai dari belajar, bermain, makan, dan beribadah. Semua dikemas dalam satu sistem pendidikan.

Mulai Tahun Pelajaran 2013/2014 SD Islam Kota Blitar sudah melaksanakan kurikulum 2013 (mulai kelas 1 s.d kelas 6) untuk meningkatkan prestasi peserta didik. Alhamdulillah atas kepercayaan masyarakat Blitar Raya secara kuantitas tahun pelajaran 2017/2018 jumlah siswa SDI Kota Blitar mencapai 674 anak dengan rombongan belajar 22 kelas.